Reseller Dan Dropship Itu Apa

Reseller dan Dropshiper Itu Apa?
Seringkali pebisnis pemula bingung menyebut dirinya Reseller atau Dropshiper saat menjual suatu barang dari orang lain. Bingung karena keterbatasan dan pengetahuan yang dia miliki karena pebisnis pemula biasanya hanya berfokus untuk bisa jualan dan dapat profit sebanyak banyaknya. Yuk update pengetahuan tentang Reseller dan Dropshipper
RESELLER
Dari kata dasarnya saja Re = mengulang, dan Sell = menjual yang dapat diartikan menjadi Menjual Kembali, dan -er yang memiliki arti perlakunya. Nah dari mengartikan kata-kata itu saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa RESELLER berarti orang / pelaku yang menjual kembali produk dengan adanya bentuk fisik di tangan agen/ penjual tersebut (dalam hal ini kita sebut punya stok). Posisi barang sudah ditangan Reseller

Contohnya saya mendaftar menjadi seorang agen Aqua dari distributor yang ada di daerah saya. Dalam hal ini, saya pun berlaku sebagai seorang Reseller untuk produk Aqua. Agen dalam kasus ini adalah agen yang membeli terlebih dahulu aqua dalam dalam kuantiti yang cukup banyak lalu dijual kembali kepada end user (pengguna)
Berikut analoginya :

Distributor – Reseller – End User

DROPSHIPPER
Berbeda halnya dengan Reseller, Dropshipper adalah agen yang menjual kembali produk suppliernya dengan TIDAK memiliki produk suppliernya tersebut. Jadi Dropshipper hanyalah agen yang menjual informasi dari suatu produk.

Contohnya saya mendaftar menjadi seorang agen Aqua. Lalu saya menawarkan kepada end user untuk membeli aqua kepada saya. Jika terjadi penjualan, saya akan menghubung kantor aqua untuk mengirimkan barang sesuai permintaan pembeli. Jadi secara tidak langsung Dropshipper dapat dikatakan seperti seorang salesman yang menjual barang milik perusahaannya kepada end user tanpa perlu memiliki produknya.

Berikut analoginya :
Dropshipper – Distributor – End User
Dapat kita lihat perbedaan yang cukup mendasar dari hal ini, jika Reseller menjual kembali dengan memiliki produknya, Dropshipper hanya menjual informasi dari produk tersebut. Jadi kita dapat mengatakan pula bahwa dengan menjadi seorang dropshipper, kita dapat menjadi pelaku bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal untuk menjual produk supplier kita.
Informasi Tambahan
POSISI BARANG YG DIJUAL SEBELUM TERJADI TRANSAKSI
R : barang dibeli dulu, biasanya dalam jumlah banyak untuk mendapatkan low price
dari suplier.
D : barang masih disupplier, yg ditawarkan ke konsumen hanya informasi produk saja.

POSISI BARANG SETELAH TERJADI TRANSAKSI
R : barang dikirim dari tempat R ke pembeli
D : barang dikirim dari tempat supplier ke pembeli, tidak melalui dropship. Informasi
Identitas pembeli di berikan oleh dropship ke supplier.Reseller Dan Dropship Itu Apa

Tag ,,,,,,
Call Now Button
Get an awesome sticky message bar!Download
error: Content is protected !!