Mengenal Tokoh DiBalik Kapten Tsubasa Yoichi Takahashi

 

Mengenal tokoh di balik Kapten Tsubasa, kapten tsubasa, siapa pembuat karakter kapten tsubasa, Tokoh di balik kapten tsubasa, sepakbola jepang dan kapten tsubasa,

 

Mengenal Tokoh DiBalik Kapten Tsubasa Yoichi Takahashi, Jangan anggap enteng, film kartun dan komik. Dunia  gambar ini ternyata telah melahirkan pahlawan pahlawan yang sebenarnya. Ambil contoh serial yang digandrungi penggemar sepakbola dunia, Kapten Tsubasa. Komik yang kini sudah dibuat animasinya ini merupakan buku yang disukai pesepakbola yang menjadi pahlawan negaranya menjadi juara dunia. Semisal Zinedine Zidane yang membawa Prancis jadi juara dunia 1998.

Pembuat komik itu sengaja menekankan jiwa kepahlawanan pada tokoh Tsubasa. ltulah kejelian Yoichi Takahashi, seorang mangaka (pembuat manga/kartun khas Jepang) saat membuat karakter Kapten Tsubasa. Yoichi lahir di Tokyo pada 28 Juli 1960. Selain dikenal sebagai pembuat komik, ia juga penulis novel, dan penulis buku seni. Ciri khasnya memang komik olahraga. Dan karena itulah ia memiliki basis penggemar di kalangan pecinta olahraga, terutama sepakbola.

Tokoh rekaan Kapten Tsubasa yang ia buat memiliki penggemar hingga para pemain sepakbola dunia, tak hanya di Jepang. Pemain top Juventus, Alessandro del Piero, mengaku terinspirasi menekuni sepakbola karena menggemari Kapten Tsubasa. Begitupun dengan Zinedine Zidane, Francesco Totti, Fernando Torres, dan yang lainnya. Bahkan klub sepakbola terbaik dunia saat ini, Barcelona, menetapkan Kapten Tsubasa sebagai duta klub untuk Jepang karena dalam ceritanya Kapten Tsubasa bermain di Barcelona.

Kisah Kapten Tsubasa dimulai pada tahun 1981 ketika mingguan Shonen Jump mempublikasikan seri pertama komik Tsubasa berjudul ”Captain Tsubasa” (Kapten Tsubasa). Serial ini mendapat sambutan dari pembacanya hingga membuat Shonen Jump memperpanjang kontraknya. Maka Kapten Tsubasa pun terus hadir di Shonen Jump. Tahun 1986 penerbit itu membuat buku komplit Kapten Tsubasa yang juga laris.

Laris di Jepang, segera merembet ke luar negeri. Komik ini pun mendapat sambutan luar biasa di luar Jepang, terutama di negara-negara yang kuat basis sepakbolanya. Terlebih lebih sejak ada versi film kartunnya yang sudah mulai digagas tahun 1983.

 

Sukses dengan Kapten Tsubasa, Yoichi menggarap manga olahraga lain. Tahun 1988 ia meluncurkan 100 M Jumper, yang bertema atletik. Tahun 1989 meluncurkan Ace yang bertema baseball. Namun di antara karya-karyanya itu Kapten Tsubasa-lah yang paling populer. Uniknya, namanya tak begitu populer di dunia. kalah jauh dibanding Kapten Tsubasa. Disadur dari Majalah Luar Biasa No 35

Salah satu adegan film kapten Tsubasa:
Captain Tsubasa Road to 2002 Episode 28 (Adu Penalti yang Penuh Kebanggaan) by  Yotube

Paket Umroh 2019 0813-8335-1234 (Telkomsel)